laman

Jumat, 07 September 2012

Cara mudah reparasi amplifier

Halo Sob,di sini saya akan coba berbagi sedikit ilmu cara mudah reparasi amplifier.Sebelumnya sedikit mengingatkan tentang rangkaian amplifier.Rangkaian amplifier biasanya terdiri dari tiga sub rangkaian,yaitu tone control,pre amplifier dan power amplifier.Oke langsung saja ke pokok bahasannya.untuk reparasi amplifier,dapat kita lakukan tanpa menggunakan alat ukur multitester.Cukup dengan sentuhan jari telunjuk kita pun,kita dapat mereparasi amplifier.Caranya sebagai berikut :
  1. gantilah speaker sobat dengan menggunakan lampu pilot,sekaligus buat keamanan speaker sobat juga ,agar saat terjadi kesalahan speaker sobat tetap aman terkendali.
  2. .nyalakan amplifier sobat,lalu mulailah penelusuran komponen mana yang bermasalah.caranya adalah memeriksa satu persatu setiap sub rangkaian amplifiernya. 
  3. posisikan PCB amplifier sobat dengan posisi terbalik,lalu sentuhlah setiap kaki komponen dengan jari sobat menelusuri jalannya arus listrik dari input hingga sampai ke output. 
  4. Untuk melihat komponen mana yang ber masalah,maka lihatlah lampu pilotnya setiap kali kita sentuhkan jari di rangkaian amplifier.Komponen yang bermasalah ditandakan dengan nyala lampu pilot yang redup atau bahkan tidak menyala.
  5. .Untuk catatan,pemeriksaannya dilakukan satu persatu ya,setiap sub rangkaian amplifier.Kalau boleh kasih saran,sebaiknya periksa dahulu pada rangkaian power amplifier nya,dengan cara putuskan dulu dengan pre amplifier. 
  6. jika rangkaian power amplifier baik - baik aja,hubungkan lagi dengan pre amplifiernya,tapi ingat dengan pre amplifiernya aja ya,tone controlnya diputus dulu,oke. 
  7. lakukanlah hal yang sama dengan langkah no.5 untuk memeriksa rangkaian pre amplifiernya.Jika pre amplifier juga dalam keadaan baik-baik aja,hubungkan lagi rangkaian tone controlnya 
  8. lakukan lagi dengan hal yang sama untuk memeriksa rangkaian tone controlnya. 
oke sob,selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar