laman

Senin, 18 Februari 2013

Manfaat,keistimewaan,buah pisang

Buah pisang,menurut saya adalah buah yang fenomenal sekali dengan keistimewaan-keistimewaan yang dimilikinya.Sobat semua penasaran,kenapa demikian,mari kita simak pembahasannya di bawah ini.
Para ilmuwan dan para filsuf  yang berasal dari India menyadari sekali bahwa buah pisang adalah sebagai makanan pokok yang dapat membantu untuk merenung dan berpikir.Buah pisang termasuk sumber yang penting dalam menyuplai zat karbohidrat bagi tubuh kita,yaitu memberikan suhu hangat dan kekuatan pada tubuh.
        Oh,ya sobat semua jangan makan buah pisang yang masih mentah ya....
kenapa demikian,karena zat karbohidrat pada buah pisang yang mentah mengandung tepung kanji yang sangat susah untuk dikunyah dan rasanya pun tidak manis.Sebagian besar tepung kanji pada pisang yang sudah matang dapat berubah menjadi zat gula,mudah dikunyah,dan tentunya rasanya enak.Setiap 100 gram buah pisang yang sudah matang menghasilkan 88 kilo kalori.
       Dan berikut ini adalah nilai nutrisi buah pisang yang sudah matang                (dalam 100 gr bahan );


 
unsur kadar
unsur kadar
air 73,5 g
protein 1,3 g
lemak 0,4 g
karbohidrat 24 g
asam sulfat 0,5 g
vitamin A 430 IU
Vitamin B1 0,09 mg
Vitamin B2 0,06 mg
nicotinic acid 0,6 mg
Vitamin C 10 mg
pantothenic acid 0,2 mg
Stearic acid11 150 mg
potasium 420 mg
kalsium 8 mg
mangan 31 mg
magnesium 0,64 mg
besi 0,6 mg
fosfor 28 mg                            
      
       Buah pisang adalah nomor dua setelah susu sebagai jenis makanan pokok yang lengkap akan nutrisi.pisang dikenal dimana-mana,akan tetapi di Rusia sedikit sekali orang yang mengkonsumsi buah pisang.Dalam satu tahun,rata-rata per orang hanya mengkonsumsi satu buah pisang kecil.
Selain dimakan langsung begitu saja (tentunya kulitnya dikupas dulu),buah pisang juga dapat dijadikan lalap dan manisan.Atau kalau di Indonesia,pisang banyak dijadikan keripik.
       Orang-orang China menggunakan akar pohon pisang sebagai obat.Obat dari akar pohon pisang ini sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu untuk mengobati penyakit kuning,sakit kepala,dan campak (cacar air).Adapun dalam penelitian-penelitian yang mutakhir telah membuktikan,bahwa buah pisang dapat membantu mengobati penyakit diare serta beberapa gangguan yang terjadi pada alat pencernaan.Dengan keistimewaan bentuknya yang tipis,susunan nutrisinya yang kontra dengan zat asam,dan mudah dikunyah,menjadikan buah pisang satu-satunya buah yang dapat dikonsumsi ketika masih mentah bagi penderita penyakit bernanah.
       Keistimewaan buah pisang adalah tidak ada jenis makanan yang mampu mengimbangi kandungan nutrisinya.kandungan  kalium pisang dapat membatasi naiknya tekanan darah.Buah pisang mengandung banyak Vitamin seperti Vitamin A,B,dan C.Satu buah pisang dapat memenuhi seperempat Vitamin C yang dibutuhkan oleh anak kecil setiap harinya.Selain itu,buah pisang bebas dari kolestrol dan juga mengandung zat gula alami sekitar 50% lebih banyak dibanding kadar yang dikandung buah apel.Disamping itu,buah pisang tidak akan menyebabkan kegemukan karena hanya memuat sekitar 85 satuan kalori.Jumlah kalori ini tidak melebihi kandungan kalori satu jeruk asam dan apel atau keju putih asliyang dikonsumsi manusia bersama dengan makanan pokoknya.
       Setelah perputaran waktu yang cukup lama,muncul lagi manfa'at baru dari buah pisang.Baru-baru ini,Yayasan Ilmu Pengetahuan Nasional di Filipina telah membuktikan bahwa campuran buah pisang dengan buah kelapa yang disebut bankon,dapat mengatasi masalah kekurangan gizi.
       Jadi sobat,untuk sehat itu ternyata sungguh sangat murah sekali.Mulai dari sekarang,bagi yang jarang makan buah pisang,bagusnya biasakan untuk sering memakan buah pisang.



pisang,buah pisang,pohon pisang,akar pohon pisang,daun pisang,manfaat pisang,manfaat buah pisang,khasiat pisang,khasiat buah pisang,keistimewaan pisang,keistimewaan buah pisang,nutrisi pisang,nutrisi buah pisang,kandungan buah pisang,mengobati penyakit dengan buah pisang,penelitian pisang,makan buah pisang,makan buah pisang,pisang sebagai obat,zat buah pisang,gizi buah pisang,sehat dengan pisang.

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar